Jembatan Apung HDPE: Pengertian, Manfaat dan Cara Pemasangannya

Jembatan Apung : Pengertian, Manfaat dan Cara Pemasangannya

Jembatan apung adalah jalur yang sangat efisien dari segi biaya dan waktu. Sebab, instalasinya sangat mudah. Selain itu, jembatan apung ini sangat aman ketika Anda gunakan, karena material dan fiturnya. Tak heran, jembatan ini sering digunakan oleh pengelola UMKM, industrial, dan residential.

Pengertian Jembatan Apung

Jembatan apung adalah jembatan yang terbuat dari material atau fondasi yang bisa mengapung di atas air. Umumnya, jembatan apung berguna untuk menjadi penghubung antar pulau maupun di atas sungai. Selain itu, jembatan apung merupakan alternatif jika tidak memungkinkan untuk membuat jembatan pondasi biasa.

Sedangkan, materialnya adalah bahan material plastik yang berasal dari proses pemanasan minyak bumi. Dari pengertian di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa jembatan apung merupakan jembatan yang menggunakan material polyethylene agar dapat mengapung di perairan.

Fungsi dan Manfaat Jembatan Apung Polyethylene

Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jembatan apung polyethylene, antara lain:

1. Maintenance

Uniknya, jembatan apung polyethylene diproduksi dengan material berkualitas dan terjamin. Sehingga, Anda akan terbebas dari biaya perawatan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi sektor pariwisata, pengelola UMKM, hingga industrial.

Sebab, biaya perawatan bisa ditekan dan meminimalisir pengeluaran. Selain itu, biaya tersebut bisa Anda alokasikan ke bagian lain yang lebih penting.

2. Tampilan yang Estetik

Fungsi lain jembatan apung adalah menambah nilai estetika suatu kawasan. Pasalnya, selain bentuknya unik, kubus apung untuk jembatan memiliki warna yang mencolok dan bervariasi.

Hal tersebut sangat cocok untuk sektor pariwisata. Sebab, jembatan apung ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan, baik untuk merasakan sensasi menaikinya maupun untuk berfoto.

3. Aman untuk Lingkungan Air

Material yang digunakan merupakan material plastik tidak beracun (non-toxic), tahan dari bahan kimia dan korosi. Hasilnya, jembatan apung tersebut tidak akan menyebabkan polusi air. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa polyethylene bisa menjadi alternatif material yang cocok untuk mendirikan jembatan apung.

Karena aman untuk air, jembatan apung polyethylene dapat ditempatkan di beberapa tempat, yakni laut, sungai, atau perairan lainnya.

4. Lebih Kuat dari Material Kayu

Manfaat berikutnya adalah bisa menjadi pilihan untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya, selain menggunakan kayu. Bahan kayu mudah lapuk jika terkena cuaca ekstrim. Hal ini tentu membahayakan masyarakat sekitar.

Namun, berbeda jika Anda menggunakan jembatan apung. Sebab, materialnya kokoh, karena dibuat khusus untuk digunakan dalam berbagai cuaca. Alhasil, jembatan jadi kuat dan bisa bertahan dalam waktu yang lama

Jembatan Apung Barakuda

Jembatan Apung HDPE: Pengertian, Manfaat dan Cara Pemasangannya

Barakuda Marine adalah brand anak bangsa yang memproduksi kubus apung dengan pemilihan material premium. Pengaplikasiannya pun bermacam-macam, salah satunya sebagai alternatif jembatan apung. Material kubus apung Barakuda yakni dari polyethylene berkualitas. Selain itu, kubus apung Barakuda sudah dilengkapi dengan proteksi Sinar UV 20+ sehingga pigmen warna terjaga dan aman di segala cuaca. Dilengkapi dengan fitur grip pattern, dimana pengguna jembatan nantinya akan merasa aman karena anti slip.

Meski pondasi jembatan apung hanya dengan kubus, tetapi ada beberapa item yang dibutuhkan dalam proses instalasi, yakni:

  • Side Bluster atau dikenal dengan railing, agar terdapat tiang pengaman/pegangan bagi para pengguna jembatan
  • Pile Guard berfungsi sebagai masuknya tiang pancang yang berfungsi untuk mempertahankan posisi jembatan apung

Instalasi jembatan apung dari Barakuda pun cukup menghemat waktu, karena mudah dan cepat. Adapun cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

  1. Susun kubus apung Barakuda berjumlah 4 buah secara berurutan hingga membentuk kotak.
  2. Masukkan short pin ke dalam lubang yang terdapat di tengah susunan kotak tadi.
  3. Kuatkan short pin dengan kunci yang pas.
  4. Kencangkan sambungan kubus dengan menggunakan bolt nut sebagai pengunci samping.

Tertarik Membangun Jembatan Apung HDPE?

Jika tertarik, Anda dapat mendapatkannya di Barakuda. Kenapa di Barakuda? Sebab, kualitas produk dari Barakuda sangat terjamin. Selain itu, kubus apungnya pun memiliki beberapa fitur seperti anti UV 20+, anti slip, extra lock, dan daya apung 350kg/m2. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi kontak Whatsapp milik Barakuda.

Leave A Comment

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI