Cara Membuat Dermaga Apung dengan Mudah dan Efisien

Cara Membuat Dermaga Apung dengan Mudah dan Efisien

Salah satu cara membuat dermaga apung yang mudah dan lebih efisien biaya adalah dengan kubus apung berbahan polyethylene. Karena dermaga apung atau floating dock merupakan salah satu bentuk konstruksi maritim yang pembuatannya cukup sulit.

Hanya ada segelintir material konstruksi yang tahan terhadap air laut yang bersifat asin, maka saat ini kita akan membahas khusus untuk dermaga apung dari kubus apung polyethylene.

Cara Membuat Dermaga Apung dari Kubus Apung

Dermaga apung ialah sejenis konstruksi maritim yang fungsinya untuk menambatkan kapal pada suatu tongkang yang mengapung di atas air.

Bahan-bahan yang biasa orang gunakan dalam membuat dermaga apung (floating dock) yaitu beton, baja, kayu gelondongan, maupun kubus apung.

Kubus apung ini adalah inovasi terbaru dalam konstruksi maritim yang sifatnya ramah lingkungan dan lebih tahan lama ketimbang beton atau kayu.

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti dalam tata cara membuat dermaga apung agar menciptakan hasil konstruksi yang sesuai.

  1. Pertama, Anda susun kubus apung secara berurutan dalam bentuk persegi atau kotak, usahakan agar dia mempunyai 4 susun.
  2. Di bagian tengah kotak, ada lubang yang bisa Anda masukkan sebuah pin pendek. Pin tersebut berfungsi sebagai pengikat antara kubus apung.
  3. Kencangkan pin tersebut dengan kunci pas supaya tidak longgar.
  4. Setelah pin pada kotak tersebut Anda kencangkan, berikutnya Anda kuatkan sambungan-sambungan pada dermaga apung itu dengan sekrup pendek.
  5. Begitu sekrup pendek sudah dikencangkan, periksa kembali apakah ada bagian yang belum tersambung dengan sempurna.
  6. Sekarang Anda telah menyelesaikan satu dock pada dermaga apung tersebut. Ulangi kelima langkah di atas untuk membuat dock lainnya sesuai kebutuhan.
  7. Begitu semua bagian pada floating dock itu telah Anda susun, sambungkan mereka dengan pin dan/atau sekrup dan kencangkan mereka.
cara membuat dermaga apung

Itulah cara membuat dermaga apung. Apakah Anda mau tahu untungnya menggunakan kubus apung dibandingkan material lain untuk floating dock? Berikut penjelasannya!

Keuntungan Menggunakan Kubus Apung Barakuda

1. Harga

Kubus apung terbuat dari bahan yang mudah pembentukannya dan ramah lingkungan, harganya cenderung murah dan tidak menguras kantong. Baja dan beton cenderung sulit dibuat, sulit dipasang, dan sangat menguras kantong, sedangkan kayu seringkali cepat rusak meski mudah Anda dapatkan.

2. Material

Bahan polyethylene mempunyai sifat tahan air dan ringan sehingga bisa mengapung dengan baik.

Kayu mempunyai sifat ringan, namun tak kedap air dan mudah rontok. Baja dan beton tak bisa mengapung sehingga harus Anda pasang melalui cara pembenaman ke dasar laut.

3. Kualitas

Kubus apung dapat bertahan hingga bertahun-tahun hanya dengan perawatan minimal. Beton dan baja juga bisa tahan sampai bertahun-tahun, tetapi memerlukan perawatan ekstra. Tongkang dari kayu hanya tahan paling lama setahun.

Baca juga : 3 Unsur Penting dalam Perencanaan Dermaga Apung

Keunggulan Kubus Apung

Setelah Anda mempelajari cara membuat dermaga apung dengan kubus apung, Anda perlu tahu juga tentang keunggulannya. Anda boleh saja bertanya, mengapa floating dock sebaiknya menggunakan kubus apung dalam instalasinya?

Nah, di bawah ini, ada penjelasan tentang kelebihan floating dock dari kubus apung.

  • Umur dermaga apung yang dibuat dari kubus ini bisa tahan lama, bahkan sampai 20 tahun.
  • Pembongkaran dan pemasangannya sangat mudah sehingga dapat menghemat waktu dan uang daripada kalau memakai bahan lain.
  • Perawatan dan perbaikan dermaga akan lebih mudah karena materialnya tidak membutuhkan perawatan khusus.
  • Karena pemasangan kubus ini terbilang mudah, Anda tak perlu menyewa jasa bongkar pasang yang harganya tinggi.
  • Dengan menggunakan kubus apung, kestabilan tongkang tersebut tetap terjaga walau ada ombak atau gelombang laut naik turun.

Ada berbagai macam merek kubus apung yang tersedia di pasar-pasar Indonesia. Apabila Anda mencari merek kubus apung yang pemasangannya dapat beraneka ragam dan barangnya selalu tersedia, carilah kubus apung Barakuda.

Silakan kunjungi situs Barakuda untuk informasi lebih lanjut, ya!

Itulah panduan cara membuat dermaga apung dari bahan kubus polyethylene serta kelebihannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kepentingan konstruksi maritim Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI