Beberapa Cara Membersihkan Sungai dari Sampah dan Limbah

Beberapa Cara Membersihkan Sungai dari Sampah dan Limbah

Sungai adalah bagian alam yang keberadaannya tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga aliran sungai agar tetap bersih masih kurang. Oleh karena itu, maka kita, baik instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat perlu mengetahui macam-macam cara membersihkan sungai dari sampah yang mengotorinya.

Pentingnya Kebersihan Sungai bagi Umat Manusia

Tidak ada manusia manapun yang bisa hidup tanpa air, dan air bersih ialah sumber daya alam yang tak tergantikan. Salah satu sumber utama air bersih tersebut yaitu sungai, yang jika manusia jaga sebaik-baiknya, akan mampu memberikan segudang manfaat dan kegunaan.

Air yang masyarakat ambil dari sungai dapat mereka gunakan untuk berbagai macam kepentingan hidup. Contohnya seperti irigasi sawah, mengembangbiakkan ikan, mencuci baju, serta untuk industri. Oleh sebab itu, tanpa adanya sungai, manusia akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan sehari-harinya.

Apakah ini artinya masyarakat sudah mengerti cara membersihkan sungai dari sampah? Belum tentu, karena masih saja ada manusia yang tak mau melestarikan sungai-sungai. Mereka membuang sampah sembarangan ke sungai, mencemarinya dengan limbah industri, serta membangun rumah dan pabrik di pinggiran sungai.

Alasan Sungai Menjadi Kotor dan Tercemar

Ada banyak alasan mengapa sungai di negeri kita banyak yang kotor dan tercemar oleh sampah. Sebagian diantaranya yaitu perilaku orang-orang yang bandel, namun ada juga yang disebabkan oleh pengawasan hukum yang rendah. Berikut ialah alasan-alasan tercemarnya sungai yang paling umum:

  • Orang-orang membuang sampah ke sungai karena beranggapan aliran sungai tersebut akan membawa sampah-sampah pergi jauh.
  • Barang-barang bekas seperti kasur, bambu, maupun pakaian kotor yang begitu saja dibuang ke sungai, padahal bisa didaur ulang.
  • Pabrik-pabrik membuang limbah industri mereka ke sungai sebab kurangnya pengawasan dari instansi pemerintahan.
  • Adanya plastik-plastik berukuran kecil (mikroplastik) yang sangat sulit terurai dan mencemari aliran sungai.

Tanpa adanya cara membersihkan sungai dari sampah dan limbah yang jitu, sungai tidak lagi aman untuk masyarakat gunakan. Hal ini dapat menimbulkan bahaya semisal kerusakan ekosistem alam dan munculnya penyakit-penyakit. Jika sudah begitu, kita akan membutuhkan beragam metode untuk membersihkan sungai.

Macam-Macam Cara Membersihkan Sungai dari Sampah

Menjaga kelestarian sungai bukan hanya tugas untuk masyarakat sekitarnya saja, melainkan juga untuk instansi pemerintah, pemilik usaha, dan lembaga swasta. Ada banyak cara membersihkan sungai dari sampah dan limbah yang dapat dikerjakan secara bersama-sama. Berikut ini adalah contoh-contohnya:

  • Mengembangkan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tak boleh warga sekitar sungai jadikan sebagai tempat bermukim atau berbisnis.
  • Mewajibkan industri-industri sekitar aliran sungai untuk memasang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).
  • Mengajak masyarakat yang tinggal di dekat sungai supaya rajin membersihkan sungai dari tumpukan sampah secara berkala.
  • Memberi penyuluhan kepada kalangan warga umum dan pemilik industri agar tidak membuang limbah apapun ke sungai.
  • Menggunakan jaring-jaring pengaman untuk menyaring sampah yang hanyut terbawa oleh aliran sungai.
  • Memeriksa dan mengontrol kualitas air sungai demi mencegah terjadinya pencemaran dan penyebaran penyakit.

Alternatif Prasarana dalam Mendukung Kebersihan Sungai

Selain menerapkan cara membersihkan sungai dari sampah di bagian sebelumnya, cara ini juga memerlukan prasarana alternatif. Tujuan dari penggunaan prasarana alternatif ini adalah untuk mempermudah proses pembersihan dan pelestarian sungai-sungai.

Salah satu contohnya yaitu kubus apung Barakuda, yang terbuat dari bahan polyethylene (PE) yang mudah dipakai dan ramah lingkungan. Dengan material kubus apung Barakuda ini, Anda, baik sebagai instansi pemerintah, pihak swasta dapat membuat prasarana pendukung kebersihan sungai, seperti Trash Barrier. Para petugas akan terbantu dalam pengambilan sampah, dimana sampah di sungai akan tersaring dan mengumpul pada pinggiran rakitan trash barrier.

Kubus apung ini mempunyai sejumlah keunggulan yang memudahkan dalam melestarikan kebersihan sungai. Contoh keunggulannya yaitu bahan kubus apung yang aman dan tak mencemari air sungai serta pemasangan yang sederhana. Belum lagi sifat materialnya yang elastis tapi tetap kuat dan tahan lama.

Bagaimana, Sudah Paham Beragam Cara Membersihkan Sungai dari Sampah?

Demikian pembahasan singkat mengenai metode-metode yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan sungai. Air bersih ialah sumber daya alam yang tidak boleh dikotori barang sedikitpun, sehingga upaya pemeliharaannya adalah kewajiban bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintahan.

2 Comments

Petunjuk pelajaran yang sangat berguna…saya dari Papua..aliran sungai kami di timika Papua banyak masyarakat yg TDK sadar akan resiko dari buang sampah di sungai…boleh saya minta langka langka atau petunjuk untuk menjaga sungai bersi dari sampah,siapakah yg harus saya jumpa… terimakasih salam sehat…

    Terima kasih Kak Arlan atas pertanyaan yang diberikan, untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui Whatsapp di 082113772161 ya Kak.

Leave A Comment

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI