Alat Perawatan Bangunan Kapal, Apa Saja yang Diperlukan?

Alat Perawatan Bangunan Kapal, Apa Saja yang Diperlukan?

Sama seperti kendaraan lainnya, proses maintenance kapal juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan. Mungkin banyak orang yang bertanya seperti apa dan apa saja alat perawatan bangunan kapal? Dengan bentuk yang sangat besar dan bobot yang berat, maintenance kapal tentu akan memiliki proses yang tidak semua orang tahu.

Seberapa Penting Maintenance pada Fisik Kapal?

Alat Perawatan Bangunan Kapal, Apa Saja yang Diperlukan?

Pada dasarnya, proses maintenance pada fisik kapal bertujuan untuk menjaga lifetime dari kapal itu sendiri. Kapal sendiri merupakan alat yang dalam pemakaiannya akan sangat bersentuhan dengan banyak faktor lain, mulai dari cuaca, gelombang laut, kualitas pemakaian, dan lainnya.

Dengan perawatan yang berkala, maka akan membuat kapal tersebut bisa terus berlayar dalam kondisi normal. Proses dan alat perawatan bangunan kapal juga perlu Anda lakukan secara reguler dan mengikuti Plan Maintenance System yang sudah ada.

Proses perawatan kapal harus sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dalam hal ini maka perawatan juga harus sesuai dengan ISM code sebagai pedoman dan juga mengacu pada manufacturer engine maker.

Apa Tujuan dari Perawatan Kapal?

Sebelum mengetahui apa saja alat perawatan bangunan kapal yang biasa digunakan, mungkin Anda juga harus paham tentang tujuan dari perawatan kapal itu sendiri. Beberapa tujuan tersebut antara lain:

  • Menjamin kualitas kapal agar siap dan bisa terus berlayar.
  • Menjaga harga dan nilai dari kapal itu sendiri.
  • Menjaga produktivitas dari kapal, hal ini berkaitan dengan kapal yang bisa terus berlayar.
  • Menghindari munculnya ketidaksesuaian fungsi pada kapal.
  • Mengurangi biaya tambahan karena protection insurance.
  • Memastikan operasional kapal bisa terus berjalan.
  • Memperpanjang lifetime dari kapal tersebut.
  • Menjamin kesiapan peralatan kapal ketika terjadi keadaan darurat di laut.

Apa Saja Jenis-Jenis Perawatan Bangunan Kapal?

Alat Perawatan Bangunan Kapal, Apa Saja yang Diperlukan?

Selanjutnya, selain alat perawatan bangunan kapal yang beragam, jenis perawatan yang akan Anda lakukan juga cukup beragam. Setidaknya, ada 4 jenis maintenance yang biasa dilakukan untuk perawatan kapal, antara lain:

1. Periodic Maintenance

Biasa dikenal juga dengan nama preventive maintenance. Proses perawatan ini biasanya sudah memiliki jadwal tersendiri, tujuannya adalah menghindari kerusakan. Prosesnya juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu saat running ataupun ketika shutdown.

Contoh maintenance ini adalah pembersihan, pelumasan, penyetelan, ataupun inspeksi.

2. Predictive Maintenance

Proses maintenance yang kedua adalah maintenance prediktif. Pada proses ini maka perawatan akan memperhatikan kondisi tertentu guna menghindari terjadinya kerusakan. Beberapa contoh dari proses maintenance ini adalah pengecekan parameter seperti suhu, tekanan, hingga berbagai macam alat di monitor lainnya.

3. Corrective Maintenance

Tujuan dari perawatan ini adalah mengembalikan performa kapal ke kondisi terbaiknya. Proses ini biasanya dilakukan dengan meningkatkan kondisi mesin, mengembalikan kondisi mesin, atau juga melakukan modifikasi. Contoh dari maintenance pada proses ini adalah overhaul.

4. Breakdown Maintenance

Proses maintenance ini juga dikenal dengan nama repair. Artinya, proses perawatan ini akan dilakukan ketika ada yang rusak pada bagian kapal.

Apa Saja Alat Perawatan Bangunan Kapal?

Dengan bentuknya yang besar, tentu saja akan membutuhkan alat perawatan bangunan kapal khusus. Selain itu, bentuk perawatan kapal lain adalah melakukan pengecatan bagian luar, repair fisik, maupun beberapa perbaikan lainnya.

Beberapa contoh alat yang biasanya pihak perawat kapal gunakan untuk perawatan pada fisik kapal antara lain:

1. Crane

Penggunaan alat ini biasanya untuk mengangkat ataupun menarik kapal. Penggunaan crane sendiri biasanya untuk kapal berukuran menengah sampai besar. Alat ini juga biasa akan Anda lihat pada galangan kapal ataupun pelabuhan.

2. Kubus Apung

Alat lainnya yang juga sering ada untuk melakukan perawatan ataupun repair pada kapal adalah menggunakan kubus apung. Penggunaan cara ini biasanya untuk kapal yang memiliki bobot ringan sampai menengah. Pemilihan kubus apung ini menjadi salah satu alasan karena cara pemasangan yang mudah.

Anda Butuh Kubus Apung?

Jika Anda membutuhkan kubus apung untuk kebutuhan dermaga apung ataupun perawatan kapal, maka akan jadi pilihan yang tepat jika Anda menggunakan jasa dari Barakuda Marine. Selain sudah berpengalaman, Barakuda juga menyediakan berbagai macam kubus apung yang bisa Anda aplikasikan untuk berbagai kebutuhan mulai dari dermaga, keramba apung, jembatan apung, sampai dengan helipad apung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI