Mengenal Pembangunan Infrastruktur, Peran Penting, Dampak dan Contohnya

Mengenal Pembangunan Infrastruktur, Peran Penting, Dampak, dan Contohnya

Pembangunan infrastruktur adalah poin penting untuk meningkatkan transformasi ekonomi, sosial. hingga politik, khususnya dalam wilayah tertentu. Infrastruktur sendiri memiliki peran penting dan dampak tersendiri dalam berbagai aspek kehidupan. Lantas, apa peranan pentingnya? Anda bisa mempelajarinya dalam artikel ini!

Peran Penting Pembangunan Infrastruktur

Pada dasarnya, infrastruktur merajuk pada seluruh struktur dan juga fasilitas dasar yang mendukung berbagai kebutuhan  dan kegiatan baik untuk masyarakat, bernegara, hingga bisnis. Jadi, dalam pandangan ini, infrastruktur merupakan poin penting untuk pemenuhan kebutuhan umum.

Mulai dari pemerataan pembangunan jalan raya, sekolah, rumah sakit, pengolah limbah, jembatan, dan lain sebagainya. Menurut para ahli sendiri, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu kunci penting untuk menunjang peningkatan dan pemerataan transformasi ekonomi dalam sebuah wilayah.

Sehingga infrastruktur memegang peranan penting sebagai penggerak kesadaran bersama, serta pemenuhan kebutuhan masyarakat dari pemerintah atau golongan tertentu. Khususnya meliputi Infrastruktur jaringan transportasi, sumber daya air, jaringan listrik dan telekomunikasi, serta fasilitas umum lainnya.

Bahkan tak hanya untuk wilayah, penerapan pemerataan infrastruktur pada bisnis, juga dapat membantu berbagai kegiatan dan kredibilitas bisnis menjadi lebih baik. Tak heran, pemahaman dan pengaplikasiannya harus Anda perhatikan dengan benar.

Manfaat Pembangunan Infrastruktur

Mengenal Pembangunan Infrastruktur, Peran Penting, Dampak dan Contohnya

Tak hanya kesadaran dari pihak bersangkutan seperti pemerintah dan para stakeholder bisnis, infrastruktur juga memiliki peranan dan manfaat penting dalam berbagai bidang. Contohnya seperti beberapa manfaat di bawah ini:

1. Meningkatkan Kemajuan Sebuah Wilayah

Melakukan dan mengaplikasikan pembangunan infrastruktur dengan baik dan merata, pastinya dapat membantu mendorong kemajuan dari sebuah wilayah. Lewat adanya pemerataan infrastruktur akan membantu pemenuhan kebutuhan jadi lebih lebih cepat.

2. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Secara umum, peningkatan infrastruktur pada sebuah daerah, juga akan membuat sarana dan prasarana dalam daerah tersebut jauh lebih rata. Sehingga harapan pengurangan angka kemiskinan juga bisa lebih terdukung dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

Selain itu, pembangunan ini juga memiliki peran untuk memulihkan ekonomi. Hal tersebut dapat Anda lihat selama pandemi COVID-19 atau corona menyerang Indonesia. Khususnya di tahun 2021 lalu, pemerintah sudah merencanakan arah penguatan infrastruktur digital, padat karya, dan fasilitas kesehatan.

3. Produktivitas Wilayah Jadi Ikut Meningkat

Infrastruktur yang memadai dan efisien, pastinya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi dalam suatu wilayah. Misalnya, jaringan transportasi yang baik dapat mempermudah pengiriman barang dan jasa, sehingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi.

4. Meningkatkan Aksesibilitas

Pembangunan infrastruktur juga dapat meningkatkan aksesibilitas dalam sebuah wilayah, khususnya untuk pembangunan jalan dan jembatan yang baik. Misalnya pembuatan jembatan apung barakuda yang membantu menghubungkan satu wilayah dengan lainnya dengan modal yang lebih terjangkau dan tahan lama.

5. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Selain pemerintah dan pejabat daerah, kesadaran masyarakat juga jadi poin penting dalam pemerataan pembangunan. Apalagi pemerataan pembangunan ini juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya keterlibatan dalam proses ekonomi dan sosial di dalamnya.

6. Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Sadar atau tidak, pemerataan pembangunan infrastruktur pastinya akan menciptakan lapangan kerja baru. Hal ini akan menjadi pemicu munculnya bisnis baru dari dorongan ekonomi di wilayah tersebut. Sehingga bisa membuka banyak lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran.

7. Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Karena perkembangan ekonomi, wilayah, serta tingginya penyerapan tenaga kerja, pasti akan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam wilayah tersebut.

Sehingga angka kemiskinan juga dapat ditekan. Oleh sebab itu, pemerataan pembangunan sangat penting, khususnya untuk layanan umum. Seperti kesehatan, pendidikan, transportasi, dan berbagai bidang lain.

Contoh Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh pembangunan yang bisa jadi referensi dan membantu pemahaman Anda:

  • Pembangunan jembatan Suramadu yang menjadi penghubung antara Surabaya dan Madura.
  • Pembangunan beberapa jalan tol baru pada beberapa wilayah.
  • Bendungan untuk mengantisipasi banjir, seperti 14 bendungan semasa era jabatan Bapak Jokowi di tahun 2019.
  • Pembangunan dan perbaikan irigasi, untuk area rawan banjir.
  • Pembangunan Jembatan Kali Klatak Kabupaten Blitar yang merupakan infrastruktur penghubung wisata Pantai Serang.
  • Sistem penyediaan air minimum, untuk berbagai wilayah susah air.
  • Pembuatan sanitasi persampahan, untuk mencegah banjir.
  • Penyediaan WiFi RT/RW gratis untuk menunjang wilayah melek digital.
  • Perbaikan jembatan rusak karena banjir di NTT pada tahun 2021.

Pada pertengahan abad ke-19, dengan berkembangnya sektor industri, kendaraan dan kereta api mulai beredar dengan menggunakan sistem transportasi saat ini. Oleh karena itu, semakin banyak jalan, rel kereta api, dan jembatan yang dibangun untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi.

Inovasi Material untuk Jembatan

Mengenal Pembangunan Infrastruktur, Peran Penting, Dampak dan Contohnya

Berikut ini beberapa inovasi material yang saat ini sering digunakan untuk pembangunan infrastruktur jembatan:

1. Superelastic Reinforcement

Pesatnya perkembangan teknologi, memunculkan sejumlah material baru dalam proses desain dan pembangunan jembatan. Salah satu inovasi material tersebut adalah Superelastic Reinforcement (SER) yang juga dikenal sebagai Shape Memory Alloy (SMAs).

Material ini digunakan sebagai pengganti baja asli yang biasa dipakai pada beton bertulang. SER terbuat dari paduan nikel-titanium (NiTi) yang memiliki sifat elastisitas super tinggi dan memungkinkan material ini kembali ke bentuk aslinya setelah mengalami deformasi bahkan hingga 8% atau lebih.

Penggunaan material superelastic reinforcement dalam pembangunan jembatan dapat meningkatkan ketahanan jembatan terhadap guncangan dan arus air yang kuat. Material SER juga dapat membantu mengurangi biaya pembangunan jembatan dan dapat menjadi solusi alternatif dalam pembangunan infrastruktur jembatan.

2. Material Kubus Apung

Ini adalah sebuah inovasi material yang bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur jembatan apung. Material ini terdiri dari kubus-kubus kecil yang terbuat dari bahan polimer atau plastik yang ringan dan tahan terhadap cuaca dan korosi.

Kubus-kubus tersebut diisi dengan udara sehingga memiliki daya apung yang tinggi dan dapat mendukung beban yang cukup besar. Karena terbuat dari bahan polimer dan plastik, jembatan yang terbuat dari kubus apung juga fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai desain jembatan.

Mendapatkan material ini juga cukup mudah, karena sudah ada beberapa produsen lokal yang terpercaya. Contohnya seperti Barakuda yang menyediakan kubus apung unggulan. Jembatan apung Barakuda dijamin memiliki sifat durable. Karena terbuat dari material polyethylene premium serta menggunakan teknologi rotomoulding. Kubus apung Barakuda juga dilengkapi dengan proteksi sinar UV 20+ sehingga pigmen warna pun terjaga.

Sudah Tahu Apa Itu Pembangunan Infrastruktur?

Dari penjelasan di atas, kini Anda tahu bahwa pembangunan infrastruktur sangat penting untuk pengembangan wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, Anda harus memilih produsen terpercaya seperti Barakuda Marine yang menyediakan produk terbaik untuk membangun fasilitas umum, khususnya untuk jembatan.

Apalagi kubus apung Barakuda memiliki berbagai keunggulan. Seperti kupingan yang tebal, daya tahan tinggi, extra lock, dan juga garansi 10 tahun pemakaian. Penasaran dengan inovasi material jembatan satu ini? Langsung aja hubungi Barakuda Marine di nomor 0821-1377-2161, dapatkan konsultasi dan modul desain gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI