Manfaat Jembatan Terapung untuk Akses Jalan dan Pariwisata

Manfaat Jembatan Terapung untuk Akses Jalan dan Pariwisata

Pernah melewati jembatan terapung? Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana jembatan ini bisa dibuat padahal berada di atas air. Lalu material apa yang sekiranya mampu bertahan lama, apalagi ketika jembatan tersebut memiliki peran yang krusial seperti penghubung antar desa? Simak selengkapnya di sini!

Sekilas Tentang Jembatan Terapung

Manfaat Jembatan Terapung untuk Akses Jalan dan Pariwisata

Jembatan apung merupakan jenis jembatan yang dapat mengapung di air. Jembatan ini juga memiliki nama lain yaitu jembatan ponton atau jembatan yang berfungsi untuk menyangga beban dinamis yang ada di atasnya.

Biasanya jembatan ponton ini merupakan properti yang sifatnya sementara atau temporer, meski ada juga yang memanfaatkannya untuk jangka waktu panjang. Umumnya, jembatan mengambang yang dipakai secara permanen adalah untuk keperluan penyeberangan.

Selain itu, jembatan seperti ini juga biasanya mempunyai bagian yang bisa diangkat atau dinaikkan. Fungsinya sebagai jalur lewat kapal. 

Untuk kondisi darurat, biasanya orang-orang membuat jembatan ini dari drum kosong tertutup, kemudian menyusunnya secara berjajar. Lalu meletakkan papan di bagian atasnya sebagai tempat orang berjalan. Mengapa drum kosong tersebut tetap mengapung? Ini karena memiliki rongga yang di dalamnya terdapat udara.

Tujuan dan Manfaat Jembatan Terapung

Tentu saja manfaat jembatan terapung sama dengan jembatan lain pada umumnya. Tujuan pembangunannya adalah memberikan akses jalan yang mudah bagi siapa pun yang ingin sampai ke lokasi tertentu.

Bahkan jembatan ini bisa menghubungkan satu desa dengan kawasan desa yang lain. Sementara itu, berkaitan dengan sektor pariwisata jembatan ini bukan sekadar sebagai penghubung jalan. Biasanya wisatawan juga memanfaatkannya sebagai spot foto. 

Mungkin Anda sering menemukan orang-orang yang berfoto di atas jembatan apung. Apalagi jika jembatan ini berada di daerah yang memiliki pemandangan alam sangat indah, maka akan semakin banyak orang yang berfoto di atas jembatan tersebut.

Material Pembuatan Jembatan Terapung

Adapun material yang digunakan untuk membuat jembatan terapung bermacam-macam. Ada yang memakai kayu dan tong. Kedua material tersebut memang umum Anda temukan. Hanya saja, kedua material ini terdapat kelemahan tersendiri, misalnya terkait ketahanannya. 

Kedua material ini tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Apalagi kayu yang terkena air secara terus-menerus bisa jadi makin lapuk dan kualitasnya akan berangsur menurun.

Lalu bagaimana solusinya? Di sini Anda bisa menggunakan material yang lebih kuat serta tahan lama. Material tersebut adalah PE atau polyethylene. PE adalah suatu material jembatan apung yang bukan hanya tahan lama melainkan ramah lingkungan. 

Penyedia Bahan Jembatan Apung Terpercaya

Pastinya Anda ingin jembatan terapung dari bahan atau material yang berkualitas. Untuk itu, Barakuda merupakan brand terpercaya yang bisa Anda pilih. Barakuda menyediakan kubus apung PE berkualitas sebagai bahan untuk jembatan apung yang tahan lama.

Jangan khawatir, material kubus apung tersebut sangat kokoh dan tahan benturan. Terlebih lagi, adanya teknologi grip pattern yang anti slip membuat bahan ini sangat cocok untuk jembatan apung di perairan manapun. Siapa pun yang berada di atasnya juga merasa nyaman karena bahannya yang tidak membuat Anda mudah terpeleset.

Barakuda adalah merek lokal dengan kualitas produk yang sudah terjamin. Ketersediaan stok di Barakuda juga selalu terjamin sehingga Anda tidak akan kecewa. Apa yang Anda butuhkan sudah pasti tersedia. Dengan begitu, proyek yang telah Anda rencanakan bisa langsung dieksekusi dan selesai sesuai rencana.

Kenapa Harus Barakuda?

Di antara berbagai brand yang ada, kenapa harus Barakuda? Setidaknya terdapat tiga alasan penting yang harus Anda ketahui.

1. Kubus Apung Berkualitas

Barakuda menghadirkan produk kubus apung dari material khusus. Bahan tersebut sudah terjamin anti UV 20+. Itulah mengapa warnanya tahan lama meskipun Anda telah menggunakannya selama bertahun-tahun.

Selain itu, struktur kubusnya juga sangat cocok karena memang secara khusus dibuat oleh tim-tim berpengalaman. Apalagi ini didukung oleh sertifikat TKDN dan telah lulus Uji Tarik pada Lab. Institut Teknologi 10 November.

2. Stok Selalu Tersedia

Produk kubus dari Barakuda akan selalu ready stock. Jadi, Anda tidak akan kehabisan produk saat sedang butuh cepat. Selain itu, fitur pendukung lainnya juga sangat lengkap sehingga tidak akan mengecewakan para pembelinya.

3. Respons Cepat

Alasan ketiga kenapa Barakuda menjadi brand terbaik untuk material jembatan terapung adalah karena para pembeli akan memperoleh pelayanan yang cepat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan solusi terbaik sesuai kebutuhan proyek. 

Jadi Anda jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pihak Barakuda supaya bisa menghasilkan konstruksi jembatan apung terbaik dan tentunya bertahan lama.

Kesimpulan

Jadi, kubus apung PE dari Barakuda adalah solusi terbaik untuk membuat jembatan terapung. Produknya berkualitas dan pastinya sangat menunjang proyek yang Anda kerjakan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI