Pencemaran Sungai

Pencemaran Sungai

PENTINGNYA SUNGAI BAGI KEHIDUPAN

Dalam kehidupan dimasa sekarang, kehidupan tidak bisa dipisahkan dari namanya sumber air. Salah satu sumber air yaitu sungai. Sungai merupakan aliran alami dari permukaan bumi yang mengalirkan air dari hulu ke hilir.

Di Indonesia terdapat lebih dari 5.000 sungai yang sudah tercatat dan masih bisa bertambah lagi. Namun, semakin kesini keadaan sungai sangat memprihatinkan. Padahal banyak sekali manfaat sungai yang penting untuk kehidupan manusia dan hewan, yaitu

  1. Sumber pembangkit listrik
    Sungai dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yaitu pembangkit listrik. Konsep kerja ini melalui derasnya air sungai yang nantinya kincir air digerakan oleh aliran sungai sehingga akan mengaktifkan generator untuk menghasilkan listrik
  2. Sumber mata air kehidupan
    Makhluk hidup pasti membutuhkan air sepanjang hidupnya. Sungai dapat dijadikan sebagai sumber mata air bersih yang berguna untuk berbagai macam kebutuhan seperti air minum, mandi, dan memasak.
  3. Pusat dari ekosistem
    Sungai dapat dijadikan ekosistem atau kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup jenis ikan dan tanaman air seperti eceng gondok.

PENYEBAB PENCEMARAN DI SUNGAI

Pencemaran sungai dapat disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Salah satu contoh yang mungkin sering terjadi di lingkungan dekat adalah membuang sampah di perairan seperti sungai dan kali, bahkan sering ditemukan pula sampah di daerah laut.

Tentu saja tidak hanya sampah penyebab pencemaran di sungai, tetapi masih ada dari limbah dan penggunaan deterjen. Dari semua penyebab yang sudah disebutkan, berikut penjelasannya:

  1. Sampah

Sampah merupakan penyebab utama pencemaran air sungai yang terjadi di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyak kasus hewan laut yang di dalam perutnya dipenuhi sampah dan mulutnya terlilit sampah. Sampah yang dapat mencemarkan biasanya jenis sampah makanan, sisa rumah tangga, hingga kotoran manusia dan hewan.

  1. Limbah industri

Tidak jarang sering kali ditemukan industri yang membuang limbahnya ke sungai. Limbah ini dapat mengandung bahan kimia beracun, zat berbahaya, dan logam berat yang dapat merusak ekosistem perairan sungai dan akan berdampak negatif bagi kesehatan manusia.

  1. Limbah rumah tangga

Aktivitas rumah tangga seperti mandi, mencuci piring, mencuci pakaian, dan buang air besar di sungai menyebabkan pencemaran sungai apabila tidak diolah dengan baik.

  1. Limbah Pertanian

Pupuk atau pestisida yang digunakan untuk pemeliharaan tanaman mengandung kimia apabila terkena air dan mengalir ke arah sungai akan mencemari air sungai bahkan bisa berbahaya bagi masyarakat saat mengonsumsi dari air sungai tersebut.

  1. Detergen

Detergen mengandung zat toksik bersifat karsinogenik yang dapat menimbulkan kanker apabila terkumpul dalam waktu yang lama di dalam tubuh. Pembuangan limbah detergen yang langsung ke dalam air sungai akan menyebabkan pencemaran sungai seperti merusak ekosistem sungai.

AKIBAT SUNGAI TERCEMAR

Banyak sekali akibat yang terjadi dari pencemaran sungai, tidak hanya masalah kesehatan dan kesejahteraan masyarakat saja yang menurun tetapi banyak dampak lain yang terjadi, seperti

  1. Berkurangnya stok air bersih

Sungai menjadi salah satu sumber bagi masyarakat dalam mendapatkan air bersih. Apabila sungai sudah tercemar akan menyebabkan semakin menipisnya cadangan air yang layak dikonsumsi.

  1. Kepunahan Flora dan Fauna

Pembuangan limbah kimia dapat menyebabkan spesies kehidupan yang berada di dalam air menjadi punah atau pindah ke tempat yang lebih aman. Selain itu, zat pencemaran sungai yang tercemar dapat menurunkan kadar oksigen sehingga mengurangi perkembangan biota air.

  1. Produktivitas tanaman terganggu

Air yang sudah tercampur oleh limbah industri tidak dapat digunakan untuk memberi air pada tanaman karena tanaman tidak akan bisa tumbuh dengan normal dan mengakibatkan perkembangan tanaman menjadi terhambat.

  1. Banjir

Sampah yang menumpuk di aliran sungai akan membuat aliran air menjadi tersendat, sehingga ketika turun hujan akan mengakibatkan meluapnya sungai atau kali.

SOLUSI MENANGANI PENCEMARAN SUNGAI

Dalam mengatasi pencemaran sungai pemerintah perlu melakukan beberapa langkah dan alat pendukung seperti membuat kolam stabilisasi, menggunakan instalasi pengolahan air limbah, dan tentunya menggunakan alat trash barrier. Dari semua solusi menangani pencemaran sungai yang dapat dilakukan, berikut penjelasannya:

  1. Membuat kolam stabilisasi

Kolam stabilisasi ini bermanfaat untuk mengolah air limbah agar zat-zat pencemar dapat disterilkan sebelum air limbah dialirkan ke sungai.

  1. Menggunakan instalasi pengolahan air limbah

Menanggulangi pencemaran air dengan IPAL diperlukan melalui 3 tahapan, yaitu tahap awal disebut primary treatment yang bertujuan memisahkan zat padat dan zat cair dengan menggunakan filter. Lalu tahap kedua untuk mengkoagulasikan, menghilangkan koloid, dan menstabilisasikan zat organik dalam limbah. Lalu tahap terakhir penghilangan nutrisi atau unsur hara, khususnya nitrat dan fosfat

  1. Tidak membuang bahan kimia ke air sungai

Bahan kimia meliputi minyak, cat, hingga obat-obatan tidak boleh dibuang ke sungai karena memiliki kandungan yang berbahaya bagi hewan dan tanaman yang hidup di sungai dan dapat mengurangi reproduksi makhluk hidup yang ada di dalam sungai.

  1. Rutin melakukan pembersihan sungai

Membersihkan daerah sungai bisa dilakukan sebulan sekali untuk mencegah pencemaran air. Selain itu membersihkan sungai dapat meminimalisir terjadinya penyakit atau bencana yang akan terjadi.

  1. Trash Barrier

Trash barrier merupakan sistem atau alat yang dibuat untuk menjaring sampah terapung di perairan, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, trash barrier dapat mencegah limbah yang masuk ke dalam air sungai.

KEUNGGULAN TRASH BARRIER / FILTER BARAKUDA

Pencemaran Sungai

Salah satu solusi mengatasi pencemaran di perairan dengan menggunakan alat trash barrier atau filter. Namun pemerintah perlu memperhatikan kualitas dari alat tersebut. Contohnya pembelian trash barrier atau filter harus dari sumber yang terpercaya dan berkualitas seperti yang tersedia di Barakuda.

Trash Barrier atau filter disini menggunakan kubus apung yang memiliki kualitas terpercaya dan sudah teruji. Selain itu, bahan kubus apung Barakuda ramah lingkungan, anti slip sehingga orang yang berdiri diatas tidak akan jatuh, dan tentunya material premium yang membuat kubus apung Barakuda memiliki kualitas terbaik di Indonesia.

Barakuda siap membantu 24 jam kebutuhan anda dalam hal mengatasi pencemaran sungai dengan trash barrier. Tunggu apa lagi? Bersihkan perairan Indonesia dari sampah dengan Trash Barrier Barakuda! Segera hubungi kami untuk pemesan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI