5 Potensi Pariwisata Bahari Indonesia, Jarang Diketahui

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan laut yang cukup melimpah. Bahkan dua pertiga wilayah Indonesia berupa laut sehingga sering dijuluki sebagai negara maritim. Pada artikel berikut akan diuraikan pengertian hingga potensi pariwisata bahari Indonesia.

Kekayaan Alam Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau lebih dari 17.000 yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pulau Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua adalah pulau utamanya.

Karena merupakan negara kepulauan, Indonesia memiliki kekayaan bawah laut yang sangat melimpah. Bahkan wilayah terumbu karang Indonesia memiliki luas mencapai 284,3 ribu kilometer persegi atau setara dengan 18 persen dari luas  karang yang ada di seluruh dunia.

Tidak hanya terumbu karang, namun laut Indonesia juga kaya akan berbagai jenis  biota yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Laut Indonesia memiliki sekitar 2.500 jenis ikan, 1.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan. Karena hal ini juga yang membuat Indonesia memiliki potensi pariwisata bahari yang tinggi.

Pengertian Wisata Bahari

Wisata bahari diartikan sebagai semua jenis kegiatan pariwisata yang berkaitan dengan laut, pantai, danau, dan pulau. Pengembangan wisata ini biasanya memiliki potensi besar dalam membangun keuangan negara mengingat banyaknya pecinta wisata laut atau perairan dari seluruh dunia.

Pentingnya Pariwisata Bahari untuk Indonesia

Bagi Indonesia, wisata bahari merupakan salah satu penyumbang devisa negara tertinggi. Bahkan menurut sebuah data, wisata bahari menempati posisi nomor empat setelah minyak, batu bara, dan kelapa sawit sebagai penyumbang devisa negara tertinggi.

Wisata bahari menyumbang sekitar 10 persen dari total pendapatan negara. Jadi jika  devisa  negara sebesar US$12,6 miliar, maka wisata bahari bisa menyumbang sebesar US$1,26 miliar. Ini tentunya menjadi potensi besar untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

Potensi Wisata Bahari Indonesia

Berikut ini beberapa potensi pariwisata bahari yang bisa dikembangkan di Indonesia.

1. Olahraga Air

Olahraga air merupakan potensi wisata pertama untuk dikembangkan di Indonesia. Ada banyak sekali olahraga air seperti banana boat, jet ski, diving, berselancar, snorkeling, hingga seawalker.

Diving dan snorkeling merupakan olahraga yang paling banyak wisatawan sukai. Wisata dan pemandangan alam bawah laut Indonesia yang sangat indah menjadi alasan utama mengapa kedua olahraga ini wisatawan pilih.

Berpetualang di bawah laut sambil menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai jenis ikan warna-warni menjadi atraksi yang sangat menyenangkan untuk para wisatawan. Kegiatan ini pun sudah tersedia hampir di seluruh wisata di Indonesia, mulai dari Bali hingga wisata di Raja Ampat.

2. Wisata Kapal Selam

Jenis wisata yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia berikutnya adalah wisata kapal selam. Wisata ini banyak peminatnya terutama dari kalangan ekonomi menengah atas.

Salah satu wisata kapal selam yaitu Odyssey Submarine yang tersedia bagi para wisatawan di Bali. Kapal selam ini menyediakan tour menarik untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di kawasan Bali Timur.

Menikmati sensasi menyelam di bawah air sambil menikmati keindahan alam bawah laut dari jendela kaca tembus pandang akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

3. Mancing

Potensi pariwisata bahari Indonesia selanjutnya adalah memancing. Potensi ikan dan biota laut Indonesia yang sangat tinggi membuat memancing adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

Ada cukup banyak spot memancing yang disediakan oleh beberapa tempat wisata di Indonesia. Misalnya di Bali ada perairan Kedonganan dan Tanjung Benoa, lalu di Lombok ada Gili Trawangan dan Tanjung Luar.

4. Berenang

Potensi wisata laut Indonesia berikutnya yaitu berenang. Kegiatan wisata ini paling banyak wisatawan minati bahkan hampir di seluruh tempat wisata laut bisa menyediakan jenis wisata ini.

Tidak jarang juga beberapa tempat wisata menyediakan pengalaman berenang menarik. Misalnya berenang bersama lumba-lumba, penyu, hingga hiu.

5. Wisata Pantai dengan Spot Foto Unik

Pantai merupakan salah satu wilayah yang paling banyak orang buru, karena memang wisata pantai menyediakan pemandangan luar biasa. Melihat pasir putih dengan laut biru sering menjadi alasan utama orang mengunjungi wilayah ini.

Bahkan saat ini sudah banyak sekali wisata pantai yang menyediakan berbagai spot menarik untuk mengambil foto. Mulai dari ayunan hingga bangunan berbagai bentuk sebagai lokasi untuk mengambil foto di depan pantai.

Di Indonesia, hampir seluruh wilayah menawarkan pengalaman ini di tempat wisatanya. Misalnya Gili Air yang menyediakan ayunan di pinggir pantai yang bahkan sering terendam air sebagai tempat spot foto terbaiknya.

Wilayah dengan Potensi Wisata Terbaik

Berikut ini beberapa contoh wilayah  dengan potensi pariwisata bahari terbaik.

1. Nusa Tenggara Timur

Wilayah yang memiliki potensi wisata laut pertama yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT). Bukan rahasia umum lagi jika wilayah timur Indonesia memiliki kekayaan dan pemandangan laut yang sangat indah.

Bahkan Pantai Nihiwatu yang merupakan salah satu wisata di NTT berada di posisi ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia berdasarkan CNN World’s 100 Best Beaches in The World. Tidak hanya itu, ada masih banyak wisata lainnya di NTT seperti Selat Pantar dan Labuan Bajo.

2. Sulawesi

Sulawesi merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki kekayaan laut yang cukup melimpah. Pulau Bunaken dan Taman Nasional Wakatobi merupakan dua wilayah wisata yang terkenal di Sulawesi.

Gugusan coral dengan keanekaragaman biota laut membuat wilayah ini sangat potensial untuk wisata snorkeling dan diving. Bahkan sebuah data menunjukkan bahwa ada sekitar 25 gugusan terumbu karang dan 112 jenis karang yang bisa memanjakan mata pengunjungnya.

3. Lombok

Lombok merupakan salah satu tempat yang memiliki potensi pariwisata bahari terbaik dan cukup terkenal di Indonesia. Keindahan bawah laut dengan pasir putih yang memanjakan mata membuat banyak wisatawan tertarik ke Lombok.

Adapun beberapa tempat wisata bahari di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Kondo, Gili Air, dan Gili Meno. Semua tempat tersebut sangat cocok untuk melakukan olahraga air seperti snorkeling karena memiliki keindahan bawah laut yang memanjakan.

4. Papua

Papua merupakan salah satu wilayah yang terkenal masih sangat alami dan menyimpan keindahan wisata laut yang mempesona. Dua di antaranya adalah Pulau Padaido dan Raja Ampat.

Kedua tempat ini menyediakan pemandangan dari atas dan bawah laut yang luar biasa. Ada cukup banyak spesies ikan hingga karang yang bisa wisatawan nikmati saat menyelam di tempat ini.

5. Bali

Siapa pun pasti mengenal Bali sebagai tempat wisata. Bali tidak hanya menyediakan keindahan pantai namun juga sudah menyediakan banyak sekali atraksi wisata menarik. Mulai dari kegiatan snorkeling hingga wisata kapal selam yang menarik untuk wisatawan coba.

Sudah Tahu Potensi Pariwisata Bahari Indonesia?

Keindahan sebuah tempat wisata bahari tidak akan cukup jika tidak memiliki fasilitas dan sarana yang memadai. Akan sangat percuma rasanya jika wisata tersebut sangat indah namun tidak memiliki fasilitas jalan memadai demi memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

Untuk itulah, sebuat tempat wisata sebaiknya menyediakan berbagai fasilitas dan sarana memadai demi kenyamanan pengunjung mulai dari transportasi seperti jet ski dan dermaga apung, akomodasi, pelayanan makanan, dan biro perjalanan.

Jika Anda ingin membuat dermaga apung atau fasilitas pendukung wisata menggunakan kubus apung, produk barakuda kubus apung adalah pilihannya. Dengan berbagai keunggulan seperti kuping tebal, eco friendly, dan ekstra lock-nya membuat produk ini cukup baik untuk menunjang sebuah tempat wisata.

Leave A Comment

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI