Apa Saja Potensi Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai?

Apa Saja Potensi Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai?

Setiap manusia harus berusaha dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam sehari-harinya. Kegiatan ini bisa Anda sebut sebagai kegiatan ekonomi dimana manusia saling bergantung satu sama lain. Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang apa saja potensi kegiatan ekonomi di daerah pantai. 

Potensi perekonomian tersebut dapat masyarakat manfaatkan untuk melakukan kegiatan dan meningkatkan pendapatan ekonomi. Lantas, sektor ekonomi apa saja yang bisa masyarakat manfaatkan di kawasan pantai?

Sektor Unggulan Daerah Pantai

Kelautan dan perikanan adalah sektor unggulan daerah (khususnya pantai) yang bisa berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara. Potensi perikanan di Indonesia sangat menjanjikan jika Anda bisa mengelola secara maksimal. 

Sesuai dengan komitmen dari pemerintah pusat untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Anda perlu ikut serta dalam menjaga komitmen tersebut. Salah satunya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan ekonomi di daerah pantai maupun menyediakan fasilitasnya.

Potensi Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai

Setiap manusia bisa melakukan kegiatan ekonomi dimana saja, termasuk daerah pantai. Anda bisa memanfaatkan sumber daya alam untuk melakukan kegiatan ekonomi. Berikut ini potensi kegiatan ekonomi di daerah pantai:

1.Budidaya Hasil Tambak

Tambak adalah jenis habitat yang berguna sebagai tempat budidaya. Contoh hewan yang bisa Anda budidayakan dalam tambak yaitu lobster, udang, dan sejenis ikan yang enak untuk dikonsumsi. Hasil budidaya tersebut bisa Anda jual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2.Berdagang

Pantai adalah salah satu tempat wisata Indonesia yang sering menjadi kunjungan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini bisa bermanfaat untuk melakukan kegiatan berdagang dengan memanfaatkan sumber daya laut. 

Contohnya yaitu membuat kerajinan yang berasal dari kulit kerang, menangkap ikan dan mengolahnya menjadi masakan, kemudian menjual kepada para wisatawan.

3.Pariwisata

Pantai identik dengan tempat wisata yang menakjubkan karena keindahannya, sehingga banyak orang yang suka mengunjungi untuk berwisata maupun sekadar melepas penat. Hal ini bisa bermanfaat untuk membuka penginapan, menjual souvenir, menjadi jasa tukang parkir, dan menyewakan berbagai keperluan wisata.

4. Menangkap Ikan

Selain sebagai tempat wisata yang indah, pantai juga identik dengan penangkapan ikan oleh para nelayan. Potensi kegiatan ekonomi di daerah pantai ini bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan menjual dan mengolah ikan menjadi makanan yang lebih enak.

Potensi Hasil Laut

Salah satu potensi kegiatan ekonomi di kawasan pantai adalah datang dari sektor perikanan dan kelautan. Berikut ini potensi hasil laut yang bisa Anda jadikan referensi untuk pengelolaannya:

1.Perikanan Tangkap dan Budidaya

Perikanan merupakan potensi hasil laut paling besar di Indonesia. Hal ini memungkinkan ikan untuk beregenerasi menjadi jumlah yang lebih banyak tanpa mengurangi populasi. Jenis ikan yang bisa berkembang biak pada umumnya adalah ikan bandeng dan udang.

Ada juga jenis lain seperti pelagis, ikan hias, ubur-ubur, mamalia laut, rumput laut, ikan demersal, hingga kerang. Jenis hewan laut ini bisa bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

2.Hutan Mangrove atau Hutan Bakau

Apa Saja Potensi Kegiatan Ekonomi Di Daerah Pantai?

Wilayah pantai yang luas menjadikan hutan bakau sebagai salah satu potensi hasil laut dengan fungsi ekonomis dan ekologis. Ekonomis artinya hutan bakau bisa bermanfaat untuk bahan baku pembuatan kayu bakar, kertas, dan arang. Ekologis artinya hutan bakau sebagai habitat binatang laut.

3.Terumbu Karang

Apa Saja Potensi Kegiatan Ekonomi Di Daerah Pantai?

Terumbu karang merupakan batu sedimen laut yang berbentuk kapur dari binatang penghasil koral. Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah terumbu karang terluas di dunia tentu akan memberikan banyak manfaat seperti manfaat ekologis, ekonomis, hingga sosial.

Potensi kegiatan ekonomi di daerah pantai dengan memanfaatkan terumbu karang sebagai bahan obat-obatan, sumber makanan, objek wisata, dan sumber perikanan para nelayan. Kemudian manfaat ekologisnya adalah untuk mengurangi hempasan gelombang pantai penyebab abrasi.

Pentingnya Menjaga Potensi Kegiatan Ekonomi Perikanan

Berdasarkan potensi kegiatan ekonomi di daerah pantai, potensi hasil laut, dan wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari pantai, menjadi kewajiban pemerintahan maupun sektor swasta untuk turut serta menyediakan berbagai fasilitas dalam kegiatan ekonomi tersebut. 

Salah satu contoh fasilitas yang perlu pemerintah sediakan yaitu keramba jaring apung. Fasilitas tersebut berfungsi sebagai wadah budidaya perairan yang bisa terletak pada sungai dalam, danau, maupun laut. Peran keramba ini dapat mendukung kegiatan pemanfaatan hasil laut pada sektor perikanan budidaya.

Jika fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik, maka potensi untuk menghasilkan uang dalam jumlah banyak juga semakin besar. Hal ini sangat membantu perekonomian warga yang tinggal pada daerah pantai.

3 Comments

[…] Baca juga : Potensi Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai […]

[…] Baca juga : Potensi Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai […]

[…] Baca juga : Potensi Kegiatan Ekonomi di Daerah Pantai […]

Leave A Comment

TENTANG BARAKUDA

Barakuda merupakan brand kubus apung lokal dengan kualitas produk paling terbaik. Ketersediaan stok selalu terjamin karena kami selalu produksi setiap saat, sehingga proyek anda dapat berjalan lancar.

HUBUNGI KAMI